Kamis, 23 Februari 2012

Keindahan Alam Bawah Laut

Bunaken



Pulau yang terletak di barat laut kota Manado ini, memiliki keaneka ragaman kehidupan yang sangat besar, karena pulau-pulau ini merupakan tempat dimana plankton-plankton yang merupakan makanan semua mahluk hidup biota laut naik ke permukaan. Karena banyaknya jumlah plankton yang naik ke atas permukaan laut, banyak biota laut yang memilih tempat ini sebagai rumahnya. Snorkler dan diver bisa melihat 70%-80% jenis biota laut yang ada di dunia, tujuh dari delapan spesies dari kerang raksasa dapat di ketemukan di Bunaken.


Raja Ampat 
Kepulauan Raja Ampat sangat terkenal ke mancanegara dan digadang-gadang sebagai surga bawah laut terbaik di dunia. Alamnya masih terjaga dengan baik. Posisinya di kawasan segitiga terumbu karang, yang tepat pada pusat keragaman terumbu karang dunia, menjadikan kepulauan Raja Ampat sebagai kawasan yang paling kaya keragaman hayatinya.
Jenis karang yang hidup disini mencapai 75 persen spesies karang dunia. Dengan kondisi kekayaan karang yang dimiliki. Raja Ampat juga menjadi kawasan taman laut yang sangat kaya dengan jenis ikannya. Diperkirakan jumlah keseluruhan jenis ikan di daerah ini mencapai jumlah 1.074. Kepulauan Raja Ampat adalah nirwana bawah air impian para penyelam. Jarak pandang (visibility) 10-30 meter.


Wakatobi



Wakatobi adalah kepulauan yang terletak di sebelah tenggara pulau Sulawesi. Kepulauan ini dinamakan Wakatobi, yang merupakan singkatan dari nama 4 pulau utamanya, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomiang, dan Binongko. Wakatobi ditetapkan sebagai kawasan taman nasional pada tahun 1996, dengan luas keseluruhan 1, 39 juta hektare. Wakatobi memiliki keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar